2024 Mulai Dibangun HMR, 2026 Batam Sudah Punya Bandara Canggih Kelas Dunia
  • Jelajahi

    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kode IT


    terkini

    2024 Mulai Dibangun HMR, 2026 Batam Sudah Punya Bandara Canggih Kelas Dunia

    Dimas ( Redaksi )
    31 Mei 2024, 5/31/2024 09:02:00 PM WIB Last Updated 2024-05-31T14:02:49Z

      



    Batam_Harian-RI.com

    Badan Pengusahaan Batam (BP Batam) secara resmi melaksanakan ground breaking ceremony atau peletakan batu pertama yang mengawali pembangunan Terminal II Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Nongsa, pada Kamis (30/5/2024).


    Bertempat di samping area kargo lama Bandara Internasional Hang Nadim Batam, seremoni dilakukan oleh Kepala BP Batam H Muhammad Rudi (HMR), beserta seluruh unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah.


    Pemukulan beduk, pemotongan pita dan penekanan tombol sirine, menandai pengeboran pertama pembangunan Terminal II Bandara Internasional Hang Nadim.


    HMR yang juga Wali Kota Batam mengatakan, pembangunan ini menjadi tonggak sejarah bagi pengembangan Bandara Hang Nadim sebagai bandara bertaraf internasional yang maju dan modern. 


    "Pembangunan Terminal II ini menjadi kebangkitan Bandara Hang Nadim yang kita cintai. Mari dukung, sehingga Batam Kota Baru bisa sama-sama kita capai," jelasnya.


    Terminal II Bandara Hang Nadim Batam merupakan salah satu proyek infrastruktur strategis di Indonesia yang diharapkan dapat meningkatkan kapasitas bandara, dan menarik lebih banyak wisatawan dan investor ke Batam.


    “Dengan beroperasinya terminal ini nantinya, konektivitas udara di Batam semakin meningkat dan dapat mendukung pertumbuhan ekonomi di wilayah ini,” terangnya.


    Selanjutnya HMR menekankan kolaborasi dan komitmen antara BP Batam dan PT Bandara Internasional Batam (BIB) dalam mewujudkan Terminal II ini. 


    “Bandara selesai (PT BIB), jalan juga selesai (BP Batam). Tentu proses Pembangunan kita harap dapat sesuai dengan waktu dan hasil sesuai yang kita sepakati. Masyarakat saya imbau mari kita jaga dan kontrol ini sampai selesai,” pungkasnya.


    𝗕𝗲𝗿𝗯𝗲𝗻𝘁𝘂𝗸 𝗞𝗲𝗽𝗮𝗸 𝗦𝗮𝘆𝗮𝗽 𝗕𝘂𝗿𝘂𝗻𝗴 𝗘𝗹𝗮𝗻𝗴

    Sementara itu, Direktur PT BIB Pikri Ilham Kurniansyah, menyatakan komitmennya untuk dapat menyelesaikan pekerjaan ini tepat waktu.


    “Kami mohon dukungan semua pihak. Kami konsorsium dari Incheon, AP 1 dan WIKA berkomitmen menghadirkan bandara kelas dunia di Batam dan menyelesaikan proyek ini 24 bulan ke depan, semoga lancar semua dari fasilitas dan mohon dukungan masyarakat,” kata Pikri.


    Pihak PT BIB menyebut, dalam pembahasan detail engineering design (DED) terminal II Bandara Internasional Hang Nadim Batam, pihaknya melibatkan konsultan andal dari Korea, sehingga memakan waktu yang cukup panjang.


    “Desain awal berkonsep atap berbentuk 1.000 kuncup, tapi yang terbaru lebih futuristik, modern dan luxury dengan tetap mengadopsi kearifan lokal. Bentuknya kepak sayap burung elang dan batik, flora dan fauna khas Kepri misalnya ikan marlin dan gonggong," terangnya.


    Berdiri di lahan seluas 50.000 m2, dengan nilai investasi Rp 2,4 triliun, pembangunan Terminal II Bandara Hang Nadim ditargetkan selesai hingga 2026 mendatang. 


    Terminal II nantinya akan berkapasitas 9,6 juta penumpang dan menampung tempat parkir dan apron baru, yang mampu menambah kapasitas 10 pesawat tambahan dari yang sudah ada. 


    Selanjutnya juga akan dikembangkan tambahan destinasi penerbangan internasional.


    Dengan demikian, Terminal II Bandara Hang Nadim Batam akan menjadi salah satu proyek infrastruktur strategis di Indonesia, yang dapat meningkatkan kapasitas bandara dan menarik lebih banyak wisatawan dan investor ke Batam.


    Apalagi ditunjang dengan infrastruktur jalan yang sangat memadai menjadikan Batam kota maju dan modern. (Nursalim Turatea)

    Komentar
    Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
    • 2024 Mulai Dibangun HMR, 2026 Batam Sudah Punya Bandara Canggih Kelas Dunia

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Terkini

    Topik Populer