Beradab, Berakhlak
  • Jelajahi

    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kode IT


    terkini

    Beradab, Berakhlak

    Dimas ( Redaksi )
    19 Mei 2024, 5/19/2024 11:21:00 AM WIB Last Updated 2024-05-19T04:21:35Z


    Harian-RI.com

    APA perbedaan adab dan akhlak menurut Islam? Dalam sebuah video di akun YouTube resminya, Ustaz Adi Hidayat mengatakan bahwa: 


    Adab adalah sikap moral yang dihasilkan dari proses pendidikan, sedangkan akhlak adalah sikap moral yang dihasilkan dari proses ibadah.


    Menurutnya, adab adalah perilaku yang sesuai dengan norma dan etika yang berlaku di masyarakat, seperti sopan santun, hormat, jujur, disiplin, dan sebagainya. 


    Adab bisa didapatkan dari proses belajar, baik di sekolah, di rumah, maupun di lingkungan sekitar. Adab bisa diterapkan oleh siapa saja, baik muslim maupun non-muslim, karena adab tidak tergantung pada keimanan dan ketakwaan seseorang.


    Sedangkan akhlak, adalah perilaku yang sesuai dengan syariat Allah, yaitu hukum-hukum yang diturunkan oleh Allah melalui wahyu kepada Nabi Muhammad SAW. 


    Akhlak bisa didapatkan dari proses ibadah, yaitu segala bentuk pengabdian kepada Allah, seperti shalat, puasa, zakat, haji, dan lain-lain. 


    Karena itu, akhlak hanya bisa diterapkan oleh orang yang beriman dan bertakwa kepada Allah, sebab akhlak tergantung pada kesadaran dan kecintaan seseorang kepada Allah.


    Dari penjelasan Ustaz Adi Hidayat, kita bisa menyimpulkan bahwa adab adalah syarat untuk berakhlak, tetapi adab tidak cukup tanpa akhlak. Kita harus memiliki akhlak yang baik, agar adab kita menjadi sempurna dan bernilai.


    Oleh karena itu, kita harus berusaha untuk tidak hanya beradab, tetapi juga berakhlak.


    Bagaimana menurut Anda? (Nursalim Turatea)

    _______

    ADAB & AKHLAK: Wali Kota Batam/Kepala BP Batam H Muhammad Rudi (HMR), menyambut kedatangan Ketua Umum PP Muslimat NU Khofifah Indar Parawansa, didampingi Ketua PW Muslimat NU Kepri Hj Marlin Agustina, di Harmoni One Hotel, Batamcenter, Kamis (16/5/2024). Lihatlah betapa indahnya adab dan akhlak para pemimpin ini.

    Komentar
    Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
    • Beradab, Berakhlak

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Terkini

    Topik Populer