Inovasi Berkelanjutan
  • Jelajahi

    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kode IT


    terkini

    Inovasi Berkelanjutan

    Dimas ( Redaksi )
    24 Mei 2024, 5/24/2024 06:15:00 PM WIB Last Updated 2024-05-24T11:15:26Z

      



    Harian-RI.com

    PADA 29 Januari 1886, Karl Benz, mematenkan "Benz Patent Motorwagen" (Benz Motorwagen) sebagai alat transportasi yang mandiri. Inilah cikal bakal mobil pertama di dunia! 


    Namun inovasi yang menghasilkan tenaga karena didesain terpadu --bukan sekedar coach atau kereta kuda yang dipasangi mesin-- ini, tidak langsung diterima pasar. 


    Orang belum bisa menerima perubahan kebiasan menaiki kereta yang ditarik kuda. Belum lagi permesinan bukan sesuatu yang familiar di kalangan masyarakat. Karl mungkin seorang innovator yang handal, namun ia sama sekali tak mengerti bisnis. 


    Di saat sulit itulah, sang istri, Bertha Benz, tampil sebagai support system yang keren. Pada suatu pagi tanggal 5 Agustus 1888, tanpa sepengetahuan suaminya, Bertha menaiki Benz Motorwagen model 3 dan mengendarainya sepanjang 104 kilometer dari Mannheim ke Pforzheim.


    "Test drive" pertama Mercedes-Benz ini disertai kedua putranya, Eugen dan Richard. Tujuannya, selain mengunjungi sang ibunda di kota kelahirannya tersebut, juga ingin meyakinkan Karl dan juga masyarakat tentang keandalan Benz Motorwagen. 


    Perjalanan berat itupun berhasil dilalui. Dunia pun mencatat, keberhasilan "marketing" Bertha telah mengangkat nama Benz Motorwagen, hingga akhirnya berhasil diproduksi pada tahun 1926, dengan brand "Mercedes-Benz".


    Tak hanya itu, dengan keberaniannya, Bertha berhasil mengubah pandangan Ilmuwan-ilmuwan di tahun 1800-an yang menganggap kaum perempuan tak bisa berinovasi dan berkarya. 


    Anggapan kapasitas otak perempuan tidak mampu menyerap banyak informasi itu tak terbukti. Akhirnya kaum perempuan mendapat kesempatan yang sama dengan laki-laki.


    Yang jelas, jika Bertha, sang istri yang hebat ini tidak melanjutkan inovasi suaminya, mungkin penemuan Karl Benz hanya akan jadi setumpuk rongsokan. Karena ide tanpa aksi hanyalah halusinasi.


    Bagaimana menurut Anda? (Nursalim Turatea)

    ______

    DISARIKAN dari Kompas .com dan beragam sumber.

    Komentar
    Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
    • Inovasi Berkelanjutan

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Terkini

    Topik Populer