Kalender SUNDA Peradaban Tertinggi Perlu Estafet Generasi Z dan Kaum Milenial juga menjelang Gen Alfa.
  • Jelajahi

    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kode IT


    terkini

    Kalender SUNDA Peradaban Tertinggi Perlu Estafet Generasi Z dan Kaum Milenial juga menjelang Gen Alfa.

    Dimas ( Redaksi )
    18 Juni 2024, 6/18/2024 07:59:00 AM WIB Last Updated 2024-06-18T01:00:19Z

       


       


    JAWA BARAT_Harian-RI.com - 


    Pabaru SUNDA atau Pergantian Tahun SUNDA  pada Kalender Caka Sunda yang jatuh pada Sukra 15 Kresnapaksa 1961 atau bertepatan dengan Hari Jumat 14 Juni 2024 Masehi.


     Merupakan Tahun Barunya orang Sunda  yang baru- baru ini dilaksanakan di Hotel Savoy Homan. 


    Tahun ini adalah Momentum untuk Generasi Z dan Kaum Milenial juga menjelang Gen Alfa. guna melanjutkan Estafet Ke Ilmuan tentang Sistem Penanggalan Tradisional Bangsa Sunda yang Merupakan Warisan Leluhur Nenek Moyang kita. Wajib Hukum nya bagi kita untuk menjaga dan Melestarikan Peninggalan Warisan Leluhur agar tidak Punah dan Hilang di telan Zaman. 


    Nenek Moyang kita Bangsa SUNDA sudah Punya Panduan untuk Bekal Hidup di Bumi ini dengan di tempa Pengalaman Hidup ber Abad- abad lamanya


     Mereka Belajar Hidup dari Tanda- tanda Kebesaran Tuhan seperti adanya Matahari, Bulan dan Bintang. inilah awal  Perhitungan dan Penanggalan. hingga bisa menentukan Langkah- langkah dalam Kehidupan sebagai Kompas atau Arah dalam menuju kesuksesan.


     Suryakala ( Saka ) atau Perhitungan berdasarkan Matahari. Chandra Kala (Caka) atau Bulan juga Sukrakala atau Bintang. Urang SUNDA Wajib mulasara titinggal Karuhun artina lain Mi GUSTI tapi  Mumusti. Kata " H.Asep Ridwan H Wiranata. S.A.g. M.Hum. ( Budayawan Jawa Barat) 


    Kala adalah WAKTU Kalender adalah Waktu yang berputar. kita perlu Memahami Waktu yang berputar 1x24 Jam atau Kalender. Karena Waktu Menentukan Segalanya dalam kehidupan. sepeti dalam Al'Quran Surat Al-ash. " Demi Waktu Sesungguh nya Manusia itu benar- benar ada dalam kerugian kecuali orang-orang yang Ber Iman dan beramal shaleh serta saling menasehati untuk kebenaran dan kesabaran. 


    Juga dalam Surat Al- Anbiya ayat 33. " Dia lah yang telah menciptakan Malam dan Siang Matahari dan Bulan masing- masing beredar pada garis edarnya. Artinya Bahwa Kekuasaan Tuhan itu adalah Tanda- tanda yang perlu kita pelajari dan pahami untuk di jadikan Kompas dalam kehidupan. Berbeda yang di katakan " Miranda H Wiharja ( Pengelola Kalender Sunda )


     Bahwa dalam tahun ini Jatuh pada Tahun Kebo. Kalender Caka Sunda ini juga adanya pergantian WINDU. dari Windu Adi ke Windu Kuntara. Satu Windu itu 8 Tahun. jadi pergantian selama 8 tahun perjalanan Seren Windu Unggah Zaman dalam Windu Kuntara ini telah tertulis oleh leluhur kita bahwa penuh dengan kesalah pahaman atau gagal paham hingga timbul perselisihan berakibat Permusuhuhan dan Bencana. Sabab loba " Kalapa bijil ti Cungap na. Bakal kapanggih Topeng na bakal aya Balitungan.


     Kang " Acil Bimbo Bilang Bahwa kita harus tetap pada posisi Manusia dan Memanusia kan Manusia agar tidak tergerus oleh perubahan Zaman.maka Karakter Building ini lah yang utama  Membangun Ke Pribadian tetap jaga karakter urang Sunda.

    ( HR RI 16 )

    Komentar
    Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
    • Kalender SUNDA Peradaban Tertinggi Perlu Estafet Generasi Z dan Kaum Milenial juga menjelang Gen Alfa.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Terkini

    Topik Populer