Pengamat Ekonomi Kabupaten Batu Bara "Soroti" Anjloknya Nilai Tukar Rupiah
  • Jelajahi

    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kode IT


    terkini

    Pengamat Ekonomi Kabupaten Batu Bara "Soroti" Anjloknya Nilai Tukar Rupiah

    Dimas ( Redaksi )
    29 Juni 2024, 6/29/2024 09:30:00 AM WIB Last Updated 2024-06-29T02:30:13Z

     


    Batu Bara_Harian-RI.com

    Saat ini nilai tukar Rupiah terhadap Dollar sudah mencapai 16.341 rupiah. Hal ini pun tampaknya perlahan-lahan sudah mulai terasa bagi masyarakat Kabupaten Batu Bara. Jumat (28/6/2024).


    Pengamat Ekonomi Kabupaten Batu Bara, Husnul Zein, SE mengungkapkan bahwa memang hari ini terjadi dampak yang signifikan yang dirasakan masyarakat khususnya pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) terkait anjoknya rupiah terhadap dollar sehingga mempengaruhi daya beli dan aktivitas perekonomian masyarakat menengah kebawah. 


    "Bagi pedagang pakaian yang berada di Tanjung Tiram biasanya mereka belanja seminggu sekali ke Medan untuk belanja bahan dagangan ke pusat pasar, kini hanya belanja saat barang dagangan laku terjual dan terlihat aktivitas transaksi pun lengang," jelasnya.


    Lanjut Mantan Account Officer Bank Muamalat ini, anjloknya rupiah terhadap dollar ini jangan sampai menjadi kronis dan butuh penanganan serius, jangan sampai terjadi seperti resesi ekonomi yang terjadi di Tahun 1998, sehingga uang tidak mempunyai nilai lagi, sementara harga-harga kebutuhan pokok, baik jenis primer seperti kebutuhan pokok sembako dan sekunder seperti pakaian dan lain-lain yang terus mengalami kenaikan cukup tinggi.


    Husnul juga mengharapkan agar Pemerintah sesegera mungkin dapat mengambil langkah kongkrit untuk menangani persoalan melemahnya rupiah terhadap dollar ini, sehingga dampaknya tidak semakin mencekik leher masyarakat luas khususnya di Kabupaten Batu Bara.

    Komentar
    Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
    • Pengamat Ekonomi Kabupaten Batu Bara "Soroti" Anjloknya Nilai Tukar Rupiah

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Terkini

    Topik Populer