Prof Marwan Apresiasi Lomba Video Inspiratif Mahasiswa UPT MKU USK
  • Jelajahi

    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kode IT


    terkini

    Prof Marwan Apresiasi Lomba Video Inspiratif Mahasiswa UPT MKU USK

    Dimas ( Redaksi )
    1 Juni 2024, 6/01/2024 07:33:00 PM WIB Last Updated 2024-06-01T12:33:28Z

     




    Banda Aceh_Harian-RI.com

    Rektor Universitas Syiah Kuala (USK) Prof Dr Ir Marwan mengapresiasi Lomba Video Inspiratif mahasiswa yang dilaksanakan oleh Unit Pelaksana Teknis Mata Kuliah Umum (MKU) Universitas Syiah Kuala (USK). Hal itu disampaikan Marwan dalam kegiatan Talkshow dan Pengumuman Pemenang Lomba Video Inspiratif UPT MKU tahun 2024 di Ruang Adnan Ganto, UPT. Perpustakaan USK Jumat (31/05/2024). 


    “Kami sangat senang dan mengapresiasi terhadap mahasiswa yang sudah mulai belajar mengembangkan konten-konten digital positif, bahkan pada tahun pertama kuliah mereka. Kegiatan ini menunjukkan bagaimana kita dapat berkolaborasi dan menciptakan sesuatu yang menjadi sumber inspirasi tidak hanya bagi kelompok, tetapi juga bagi masyarakat secara luas. Kedepan, lanjutnya, semua mahasiswa MKU diwajibkan membuat konten digital yang kemudian dinilai dan diseleksi untuk diikutsertakan dalam perlombaan.” Ujarnya. 


    Lebih lanjut, Rektor USK menekankan pentingnya menerapkan nilai-nilai general education (GE) dan nilai kesyiahkualaan di lingkungan kampus, terutama diintegrasikan dalam pembelajaran di UPT MKU. “Dengan nilai GE dan nilai kesyiahkulaan ini diharapkan mahasiswa lebih memahami wawasan kebangsaan, pengembangan karakter, membangun toleransi, sosial, lingkungan, dan perdamaian, bahkan USK terus mengambil peran dalam merawat perdamaian Aceh melalui model Project Based Learning (PjBL) sehingga menjadi model bagi nasional dan global” katanya.


    Kepala UPT MKU USK, Dr. Teuku Muttaqin Mansur, M.H. dalam sambutannya menyampaikan kegiatan lomba video inspiratif kali ini mengambil tema “Peran Mahasiswa USK Pasca 20 Tahun Tsunami Aceh sebagai Agen Perubahan: Membangun Aksi Menginspirasi Masa Depan”. “Kita tahu bahwa adik-adik kita di kampus saat ini tidak pernah melihat dan mengalami langsung peristiwa tsunami, malah saat tsunami terjadi 26 desember 2004 barangkali ada yang belum lahir.” Ujarnya. 


    Katanya lebih lanjut, lomba video ini menjadi penting untuk mewariskan pengetahuan serta pembelajaran apa yang dapat diambil dari peristiwa dahsyat kala itu. “Kita terus berkomitmen mewariskan pengetahuan peristiwa tsunami tersebut, termasuk kedepan bagaimana merawat perdamaian kepada mahasiswa, sehingga menjadi pembelajaran berharga dari generasi ke generasi dan akan menjadi kenangan mereka serta dapat diwariskan kepada generasi selanjutnya.” ungkapnya.


    Sementara itu, pengumuman pemenang disampaikan oleh Koordinator Kegiatan Video Inspiratif sekaligus Koordinator Mata Kuliah Kebencanaan dan Lingkungan Dr. Rina Suryani Oktari, S.Kep., M.Si. Nama-nama pemenang disampaikan bersama dengan penayangan video dari tiap kelompok. Juara I dimenangkan oleh team Muhammad Jovin Bannasa, juara II dimenangkan oleh team Silanee Klongrua, juara III dimenangkan oleh team Fatwa Khadafi, dan juara favorit dimenangkan oleh team Fikrul Azka. Sertifikat dan hadiah untuk pemenang lomba diserahkan oleh Rektor USK didampingi Kepala UPT MKU USK dan Direktur Direktorat Pembelajaran dan Pendidikan USK.


    Kegiatan pengumuman lomba diakhiri dengan foto bersama.


    Kegiatan dilanjutkan dengan talkshow bersama narasumber Ghaitsa Al-Zahira Zulvita, S.I.Kom yang juga seorang konten kreator muda dengan tema “Potensi Videografi di Dunia Digital”. 


    Dalam presentasinya, Ghaitsa memaparkan apa itu videografi dan hal-hal apa yang penting dalam sebuah videografi diantaranya yaitu perencanaan dan persiapan berupa storyboarding, peralatan yang mumpuni, teknik pengambilan gambar dan audio, proses editing, penulisan naskah, serta kreativitas dan eksperimen. Tidak hanya itu Ghaitsa juga menuturkan bahwa kita harus bisa mengambil kesempatan atau peluang dari tren-tren saat ini.

     

    Turut hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya: Direktur Direktorat Pembelajaran dan Pendidikan, Prof Dr Nasaruddin, ST., M.Eng, Dewan Juri Lomba diantaranya Dr. Sulaiman, S.H., M.H., Deni Yanuar, SIP, M.IKom, para Koordinator Mata Kuliah MKU diantaranya, Dr. Drs Razali, M.Pd.,  Enzus Tianus, S.H., M.H, , Hasbi Ali, SPd., M.Si, para ketua dari UKM USK, dan peserta talkshow dan lomba video.

    Komentar
    Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
    • Prof Marwan Apresiasi Lomba Video Inspiratif Mahasiswa UPT MKU USK

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Terkini

    Topik Populer