Rayakan Iduladha, Pemko Batam Taja Pawai Takbir, Lomba Mobil Hias, Salat Id, & Kurban
  • Jelajahi

    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kode IT


    terkini

    Rayakan Iduladha, Pemko Batam Taja Pawai Takbir, Lomba Mobil Hias, Salat Id, & Kurban

    Dimas ( Redaksi )
    13 Juni 2024, 6/13/2024 01:52:00 PM WIB Last Updated 2024-06-13T06:52:09Z

     


    Batam_Harian-RI.com

    Menyambut Hari Raya Iduladha 1445 H/2024 M Pemerintah Kota Batam menyelenggarakan pawai takbir dan lomba mobil hias, Salat Id dan melaksanakan Qurban. 


    Rapat koordinasi persiapan dipimpin  Sekretaris Daerah Kota Batam H Jefridin, didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kota Batam Yusfa Hendri, di ruang rapat Setda gedung Pemerintah Kota Batam, Batamcenter, Rabu (12/6/2024).


    Untuk pawai takbir akan dilaksanakan di Dataran Engku Hamidah, Batamcenter, pada Minggu (16/6/2024) malam.


    Di rapat itu Jefridin menegaskan seluruh Perangkat Daerah Kota Batam wajib mengikuti pawai takbir dan lomba mobil hias, yang selain diikuti internal Pemko Batam, juga instansi vertikal, masjid, musala, perbankan dan hotel.

     

    "Pawai takbir dan lomba mobil hias ini dalam rangka memeriahkan perayaan Iduladha. Untuk itu seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah  (SKPD) wajib mengikuti syiar Islam dan memeriahkan Iduladha ini," ujarnya.


    𝗟𝗼𝗺𝗯𝗮 𝗠𝗼𝗯𝗶𝗹 𝗛𝗶𝗮𝘀

    Pemko Batam menyiapkan hadiah hingga Rp36 juta bagi pemenang mobil hias ini. Syaratnya, pertama menggunakan mobil pick up atau lori, maksimal roda enam. Kedua, tinggi mobil hias maksimal 4 meter, dan tinggi dari permukaan aspal 50 cm.


    Ketiga, peserta pawai antara 7 sampai 10 orang dan menampilkan logo dan slogan. Kelima, dimensi hiasan atau dekorasi menyesuaikan dengan jenis kendaraan. 


    Keenam, kontruksi hiasan atau dekorasi harus memperhatikan pergerakan dan manuver kendaraan dalam rangka keselamatan berlalu lintas.


    “Untuk logo dan slogan yang ditampilkan tolong jangan sampai ada unsur sara. Tampilkan logo dan slogan bernuansa islami bertemakan kurban misalnya," imbaunya.


    𝗣𝗲𝗻𝗶𝗹𝗮𝗶𝗮𝗻 𝗣𝗮𝘄𝗮𝗶 𝗧𝗮𝗸𝗯𝗶𝗿

    Adapun kriteria penilaian pawai takbir, lafadz dan suara, dekorasi kendaraan sesuai dengan tema Iduladha, kerapian dan keserasian, jumlah peserta dan kekompakan dan ketertiban dalam berlalu lintas. 


    Selain pawai takbir, pemko juga menggelar gema takbir Idul Adha. Hiburan musik lokal di Dataran Engku Hamidah.


    "Saya atas nama Bapak Wali Kota Batam H Muhammad Rudi (HMR), mengimbau masyarakat Kota Batam untuk hadir menyaksikan pawai takbir dan lomba mobil hias di Dataran Engku Hamidah,” ajak Jefridin.


    𝗣𝗲𝗹𝗮𝗸𝘀𝗮𝗻𝗮𝗮𝗻 𝗦𝗮𝗹𝗮𝘁 𝗜𝗱𝘂𝗹𝗮𝗱𝗵𝗮

    Untuk pelaksanaan Salat Iduladha Tingkat Kota Batam, dilaksanakan pada Senin (17/06/2024) dimulai pukul 07.00 WIB hingga selesai. Tempatnya ditetapkan tiga lokasi, yakni Dataran Engku Putri Batamcentre, Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah, Tanjunguncang, Batuaji, dan Masjid Baiturrahman, Seiharapan, Sekupang.


    Sementara itu, Asisten Pemerintahan dan Kesra Kota Batam Yusfa Hendri, menyampaikan akan menyurati dan mengimbau instansi vertikal, masjid, musala, perbankan dan hotel untuk mengikuti pawai takbir dan lomba mobil hias.


    "Tadi secara teknis sudah dipaparkan oleh Pak Sekda terkait pelaksanaan pawai takbir dan lomba mobil hias. Perangkat Daerah juga sudah ditunjuk untuk melaksanakan tugas dan tanggungjawab yang diberikan," ujarnya.


    𝗣𝗼𝘁𝗼𝗻𝗴 𝗞𝘂𝗿𝗯𝗮𝗻 𝗛𝗮𝗿𝘂𝘀 𝗣𝗿𝗼𝗳𝗲𝘀𝗶𝗼𝗻𝗮𝗹 

    Sedangkan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Batam Zulkarnain Umar, mengingatkan agar yang melakukan pemotongan hewan qurban adalah orang-orang yang profesional dan berpengalaman. 


    Katanya, juru sembelih halal (juleha) Kota Batam sudah melatih penyembelih yang profesional dan bersertifikat.


    Sementara untuk jumlah hewan kurban menurutnya ada tren kenaikan dibandingkan Idul Adha tahun 2023. Begitu juga dengan jumlah titik salat Iduladha juga mengalami kenaikan.


    "Tahun lalu jumlah hewan kurban sapi dan kambing se Kota Batam sebanyak 3.600 ekor. Saat ini kami tengah melakukan pendataan, kemungkinan jumlah ini bertambah. Begitu juga dengan titik salat Iduladha. Jika pada Salat Idulfitri di 889 titik, bisa saja meningkat pada Iduladha ini," katanya. (Nursalim Turatea)

    Komentar
    Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
    • Rayakan Iduladha, Pemko Batam Taja Pawai Takbir, Lomba Mobil Hias, Salat Id, & Kurban

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Terkini

    Topik Populer