Warga Gampong Kota Baru Sembelih 16 Ekor Sapi dan 2 Ekor Kambing, Terapkan Penyembelihan Higienis
  • Jelajahi

    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kode IT


    terkini

    Warga Gampong Kota Baru Sembelih 16 Ekor Sapi dan 2 Ekor Kambing, Terapkan Penyembelihan Higienis

    Dimas ( Redaksi )
    18 Juni 2024, 6/18/2024 02:40:00 PM WIB Last Updated 2024-06-18T07:40:38Z

     




    BANDA ACEH_Harian-RI.com

    Seluruh warga Gampong Kota Baru, Kecamatan Kuta Alam, Kota Banda Aceh bergotong royong menyembelih hewan kurban yang berada di halaman masjid Al-Badar, gampong (desa) setempat, Senin (17/6/2024).


    Seperti tahun-tahun terdahulu, suasana meriah dan penuh keakraban mewarnai pelaksanaan ibadah kurban.


    Proses penyembelihan hewan kurban dimulai setelah menggelar shalat idul adha.



    Panitia bersama warga langsung bergotong royong menyiapkan daging kurban untuk dibagikan kepada yang berhak.


    Dalam pelaksanaan kurban tahun ini, warga Gampong Kota Baru menyembelih 16 ekor sapi dan 2 ekor kambing/domba.


    Penyembelihan berlangsung di tiga lokasi, yaitu sektor pusat yang meliputi Jurong (Dusun) Tgk Dibitai, Tgk Cot Plieng, dan Tgk Lam U.



    Sementara dua lokasi lainnya adalah Jurong Malikussaleh dan Tgk Tanoh Abee.


    Untuk sektor pusat disembelih sembilan ekor sapi dan satu ekor domba.

         


    Sedangkan Malikussaleh  lima ekor sapi dan satu ekor kambing serta Tanoh Abee dua ekor sapi.



    Khusus sektor pusat, penyembelihan hewan kurban berlangsung di pekarangan Masjid Al-Badar yang dikoordinir oleh Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Al-Badar, Gampong Kota Baru.


    Ketua panitia pelaksana kurban sektor pusat, Imran Haris mengatakan, untuk menjamin paket kurban yang sehat dan higienis panitia telah menerapkan beberapa standar baku dalam proses penyembelihan dan penyiapan daging kurban.   


    “Hewan kurban telah diperiksa kesehatannya, baik sebelum (ante-mortem) maupun sesudah (post-mortem) penyembelihan”, kata Imran.


    Seperti tahun lalu, pemeriksaan kesehatan hewan kurban didukung oleh tim yang dibentuk atas kerjasama Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Universitas Syiah Kuala (USK), Dinas Peternakan Aceh dan Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Aceh.


    Lebih lanjut Imran menjelaskan, dalam mengemas daging, untuk mencegah pencemaran daging dari berbagai kontaminan, pihaknya sudah menerapkan prinsip-prinsip higienitas dengan memisahkan daging dan jeroan.


    Disamping itu juga menggunakan wadah plastik yang aman bagi kesehatan (food grade).


    Sejak tahun 2020 BKM Al-Badar telah memfasilitasi pembangunan Tempat Penyembelihan Hewan Kurban sederhana yang berlantai semen (beton) dan dilengkapi dengan penampung limbah.



    “Adanya fasilitas ini membuat proses penyembelihan semakin mudah dan aman serta tidak mencemari lingkungan”, kata Imran.


    Disamping itu penyembelihan hewan kurban di gampong yang lebih populer dengan nama Lampineung ini juga sudah menerapkan prinsip-prinsip kesejahteraan hewan.  


    Misalnya memperlakukan hewan yang akan disembelih senyaman mungkin guna mencegah stres dan membuat pembatas antara tempat penyembelihan dengan hewan yang menunggu disembelih, jelasnya.


    Kota Baru juga telah memiliki juru sembelih halal (juleha) bersertifikat yang sudah mengikuti pelatihan dari instansi berwenang.


    Imran mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga dan panitia yang telah berpartisipasi dalam menyukseskan pelaksanaan ibadah kurban di Kota Baru.


    “Semoga melalui ibadah kurban dapat meningkatkan kebersamaan dan menjalin silaturahmi dalam rangka memperteguh keimanan dan ketakwaan kepada Allah Subhanahu wa ta'ala”, harap Imran.



    Sementara itu salah seorang warga Kota Baru, Azhar mengapresiasi kinerja panitia kurban yang telah menerapkan aspek kesehatan masyarakat veteriner dalam pelaksanaan ibadah kurban di gampong setempat.


    Ia juga menyambut positif keberadaan tim dari FKH USK yang telah berkontribusi dalam pemeriksaan kesehatan hewan kurban.



    Kolaborasi ini menjamin tersedianya daging kurban yang ASUH (Aman, Sehat, Utuh, dan Halal).


    Dengan demikian warga bisa memperoleh daging kurban yang sehat dan berkualitas guna memenuhi sebagian kebutuhan gizinya.

    Komentar
    Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
    • Warga Gampong Kota Baru Sembelih 16 Ekor Sapi dan 2 Ekor Kambing, Terapkan Penyembelihan Higienis

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Terkini

    Topik Populer