AHLI BENCANA JEPANG, KUNJUNGI UNIVERSITAS SYIAH KUALA DALAM RANGKA VISITING SCHOLAR
  • Jelajahi

    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kode IT


    terkini

    AHLI BENCANA JEPANG, KUNJUNGI UNIVERSITAS SYIAH KUALA DALAM RANGKA VISITING SCHOLAR

    Dimas ( Redaksi )
    1 Juli 2024, 7/01/2024 10:40:00 PM WIB Last Updated 2024-07-01T15:41:48Z

     


    Banda Aceh_Harian-RI.com

    Universitas Syiah Kuala sukses laksanakan berbagai rangkaian kegiatan dalam rangka kedatangan Assoc. Prof. Daisuke Sasaki dari International Research Institute of Disaster Science (IRIDeS), Tohoku University, Jepang. Kedatangan Prof.  ini merupakan  bagian dari  program Staff Mobility dan Visiting Lecturer (World Class University - WCU) USK. Kunjungan yang berlangsung pada tanggal 26, 27, dan 28 Juni 2024 ini merupakan bagian dari upaya Universitas Syiah Kuala untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian melalui kolaborasi internasional.

    Kegiatan Daisuke di Universitas Syiah Kuala dimulai pada hari Rabu, 26 Juni 2024, dimulai dengan penyampaian kuliah tamu dengan topik “Recent Trends in Disaster Risk Reduction Investments” di Mini Theatre Sekolah Pascasarjana USK. Kuliah yang turut dibuka oleh Prof. Hizir selaku DIrektur Sekolah Pascasarjana USK ini berlangsung dari pukul 10.00 hingga 11.00 WIB. Kuliah tamu dihadiri oleh hampir 60 orang peserta yang terdiri dari  mahasiswa, dosen, dan praktisi kebencanaan yang sangat antusias mendengarkan paparan mengenai tren terkini dalam investasi pengurangan risiko bencana. Diskusi yang interaktif dan informatif ini memberikan wawasan baru tentang pentingnya investasi yang strategis dalam mitigasi bencana.

    Selanjutnya, pada hari Kamis, 27 Juni 2024, Assoc.Prof Daisuke turut mengisi seminar dengan tema “Coastal Community Preparedness and Disaster-Resilient Education” di Auditorium TDMRC Lantai 3. Seminar ini berlangsung dari pukul 14.00 hingga 15.30 WIB dan menghadirkan dua narasumber lainnya, yaitu Assoc. Prof. Rina Suryani Oktari, dan Haekal Azief Haridhi, Ph.D. Seminar ini membahas kesiapan komunitas pesisir dalam menghadapi bencana serta pentingnya pendidikan yang tangguh terhadap bencana. Para peserta mendapatkan pengetahuan mendalam tentang bagaimana masyarakat pesisir dapat mempersiapkan diri menghadapi bencana.

    Kegiatan selanjutnya dilaksanakan pada hari Jumat, 28 Juni 2024, yaitu workshop dengan tema “Publishing in Prestigious Journals: Beginner's Guide” di Ruang Pertemuan TDMRC Lantai 3 dari pukul 10.00 hingga 11.00 WIB. Workshop ini dipandu oleh Assoc. Prof. Daisuke Sasaki, Dr. Rina Suryani Oktari, dan Prof. Syamsidik, yang membahas panduan untuk publikasi di jurnal-jurnal bergengsi. Para peserta mendapatkan pengetahuan praktis tentang bagaimana mempersiapkan dan mengirimkan artikel ilmiah ke jurnal internasional yang terindeks Scopus, serta tips dan trik untuk meningkatkan peluang diterima.

    Dalam wawancara terpisah, Assoc.Prof. Rina Suryani Oktari yang merupakan pemenang program WCU Staff Mobility and visiting Scholar WCU ke Tohoku University, dan merupakan koordinator untuk kedatangan Assoc.Prof. Daisuke ke USK, menyampaikan bahwa, “Kunjungan Assoc. Prof. Daisuke Sasaki ini diharapkan dapat memberikan wawasan baru dan memperkuat jaringan kerjasama internasional dalam bidang pendidikan dan penelitian kebencanaan. Kegiatan-kegiatan yang berlangsung selama tiga hari ini tidak hanya memberikan pengetahuan yang berharga, tetapi juga mempererat hubungan antara Universitas Syiah Kuala dan Tohoku University, khususnya dalam bidang penelitian kebencanaan. Kami berharap kerjasama ini dapat terus berlanjut dan memberikan manfaat yang lebih besar bagi kedua institusi”. Sebelumnya pada bulan Mei 2024, Assoc.Prof. Rina Suryani Oktari juga telah melaksanakan staff mobility dengan berkunjung dan mengisi kuliah tamu di IRIDES Tohoku University, Jepang. 

    Untuk informasi lebih lanjut mengenai kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan, silakan hubungi Sekretariat WCU USK di email: wcu@usk.ac.id.

    Universitas Syiah Kuala - Bersama Mewujudkan World Class University

    Komentar
    Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
    • AHLI BENCANA JEPANG, KUNJUNGI UNIVERSITAS SYIAH KUALA DALAM RANGKA VISITING SCHOLAR

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Terkini

    Topik Populer