Makali Kumar Pimpin Sidang Pleno Kongres II SMSI, dan Firdaus Kembali Terpilih Sebagai Ketua Umum Periode 2024-2029 Secara Aklamasi
  • Jelajahi

    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kode IT


    terkini

    Makali Kumar Pimpin Sidang Pleno Kongres II SMSI, dan Firdaus Kembali Terpilih Sebagai Ketua Umum Periode 2024-2029 Secara Aklamasi

    Dimas ( Redaksi )
    31 Juli 2024, 7/31/2024 04:34:00 PM WIB Last Updated 2024-07-31T09:34:02Z

     



    Jakarta_Harian-RI.com 

     Firdaus kembali terpilih sebagai Ketua Umum Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) periode 2024-2029. Penetapan Firdaus kembali menjadi orang nomor satu di organisasi perusahaan pers tersebut,  diputuskan dalam Kongres II SMSI secara aklamasi pada hari Rabu (31/7/2024) di Hotel The Jayakarta, Jakarta.


    Sebelum kongres, sehari sebelumnya dilaksanakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) SMSI di  Hotel Jayakarta-Jakarta, Selasa (30/7/2024). Dalam rakernas tersebut, diikuti pengurus harian SMSI Pusat dan  26  Pimpinan SMSI Provinsi se-Indonesia.


    Rakernas SMSI itu dihadiri Ketua Dewan Pers Dr. Ninik Rahayu,  dan diisi dengan penyerahan anugerah sahabat pers nasional, serta diskusi dengan tema Mengawal Kabinet Baru Dengan Penegakan Hukum. Dengan nara sumber  Irjen pol (purn) Drs Taufiequrochman Ruki SH (Ketua KPK perioe 2003-2007) dan Irjen Pol (purn) Dr Benny Jozua Mamoto, SH MSi (Ketua Harian Komponas/Ketua Dewan Pertimbangan SMSI).


    Kemudian, Rakernas tersebut dilanjutkan dengan agenda pokok, diantaranya penetapan agenda Kongres II SMSI. Sidang Pleno Rakernas SMSI yang dipimpin Makali Kumar SH bersama Retno Intani dan Yono Hartono,  akhir memutuskan agenda Kongkres II SMSI dilaksanakan hari Rabu tanggal 31 Juli 2024. Sesuai hasil kesepakatan bulat para peserta Rapimnas.


    Setelah Rapimnas selesai,  para pengurus SMSI pusat dan pimpinan SMSI Provinsi se-Indonesia  kembali mendapat undangan untuk menghadiri Kongres II SMSI di tempat yang sama esok harinya.


    Usai pembukaan, para peserta Kongres II SMSI, terutama utusan SMSI dari 26 Provinsi se-Indonesia kembali menyepakati Pimpinan Sidang Pleno kepada Makali Kumar SH  (Ketua bidang hukum SMSI Pusat) bersama Retno Intani dan Yono Hartono.  Dalam kongres tersebut, ada tiga agenda utama, yakni laporan pertanggungjawaban pengurus SMSI pusat periode 2019-2024,  Pemilihan Ketua umum dan tim formatur untuk membentuk kepengurusan SMSI periode 2024-2029, serta pembahasan penyempurnaan AD/ART dan program kerja strategis lima tahun kedepan.


    Para peserta kongres II SMSI, akhirnya menyepakati menerima LPJ kepengurusan SMSI periode 2019-2024, dan secara aklamasi memilih kembali Firdaus sebagai Ketua Umum SMSI periode 2024-2029 dan mengamanatkan untuk tim formatur yg akan membentuk kepengurusan yang lengkap. 


    "Dengan adanya dukungan bulat dari peserta Kongres II SMSI hanya kepada Bapak Firdaus, dan yang bersangkutan juga kembali bersedia menjadi ketua umum, maka pemilihan ketum dilaksanakan secara aklamasi," ujar Makali Kumar, saat memimpin sidang pleno Kongres dengan gaya khasnya santai tapi serius.


    Makali yang berasal dari Indramayu - Jawa Barat ini, selanjutnya menetapkan secara aklamasi  Firdaus sebagai Ketua Umum SMSI periode 2024-2029, dengan mengetuk palu sidang, dan disambut tepuk tangan meriah dari semua peserta Kongres. Bahkan ada diantara peserta sidang, yang memberikan hadiah lukisan spontan, wajah Makali Kumar saat memimpin sidang pleno, sebagai bentuk apresiasi positif atas suksesnya persidangan kongres secara demokratis dan dinamis.


    Penetapan kembali Firdaus sebagai Ketum SMSI dalam kongres tersebut,  tak lepas dari kinerjanya selama lima tahun di periode pertamanya. Dinilai peserta Kongres, Firdaus sudah on the track. Antara lain, SMSI sudah menjadi konstituen Dewan Pers, membawa SMSI melampuai ekspektasi, mendapat rekor Muri sebagai organisasi perusahaan pers terbesar anggotanya se-dunia.


    Pemilihan Firdaus secara aklamasi menunjukkan dukungan penuh dari seluruh anggota SMSI.


    Hal ini mencerminkan kepercayaan yang tinggi terhadap kepemimpinannya selama ini. Firdaus telah menunjukkan komitmen dan dedikasi dalam memajukan organisasi dan meningkatkan profesionalisme media siber di Indonesia.


    Dalam pidatonya usai dipercayakan kembali menjadi Ketum SMSI Pusat, Firdaus mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih kepada seluruh anggota SMSI atas kepercayaan yang diberikan.


    Ia juga menegaskan komitmennya untuk terus memperjuangkan kepentingan media siber serta meningkatkan kualitas dan integritas jurnalisme di Indonesia.


    Firdaus akan menjabat sebagai Ketua SMSI untuk periode lima tahun ke depan. Selama masa jabatannya, ia berencana untuk melanjutkan program-program strategis yang telah dirintis sebelumnya dan menginisiasi berbagai inovasi untuk menghadapi tantangan di era digital.


    Kongres SMSI 2024 diharapkan menjadi momentum bagi media siber Indonesia untuk semakin solid dan profesional dalam menjalankan fungsinya sebagai pilar keempat demokrasi.


    Dukungan penuh dari anggota dan berbagai pihak diharapkan dapat memperkuat posisi SMSI dalam industri media nasional.


    "Alhmdulillah, saya kembali dipercaya dalam kongres II SMSI, untuk menjadi Ketua umum periode 2024-2029. Insya Allah bersama tim formatur, kami akan susun kepengurusan SMSI yang lebih baik, demi kemajuan organisasi perusahaan pers ini.  Mari terus kita jaga kebersamaan ini untuk SMSI yang lebih maju lagi,"  tutur Firdaus saat sambutan usai terpilih secara aklamasi.


    Sementara itu, Retno Intani,  dalam kongres II SMSI sempat menyampaikan keberhasilan kepemimpinan Firdaus di SMSI pada periode sebelumnya. Salah satunya dalam menggerakkan roda organisasi sangat responsif dan penuh kekeluargaan dan upaya mendapatkan kantor Sekretariat SMSI yang lokasinya tak jauh dari Istana Negara.


    “Dulu kalau saya bawa teman ke  kantor SMSI, dikira gudang. Alhamdulilah sekarang cantik sudah seperti kantor,”pungkasnya 


    Atim sawano sp

    Komentar
    Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
    • Makali Kumar Pimpin Sidang Pleno Kongres II SMSI, dan Firdaus Kembali Terpilih Sebagai Ketua Umum Periode 2024-2029 Secara Aklamasi

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Terkini

    Topik Populer