Polres Kediri Terjunkan Personel Pengamanan Malam Dan Kirap 1 Suro di Petilasan Sri Aji Joyoboyo
  • Jelajahi

    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kode IT


    terkini

    Polres Kediri Terjunkan Personel Pengamanan Malam Dan Kirap 1 Suro di Petilasan Sri Aji Joyoboyo

    Dimas ( Redaksi )
    7 Juli 2024, 7/07/2024 07:09:00 PM WIB Last Updated 2024-07-07T12:09:52Z




    KEDIRI_Harian-RI.com

    Tahun baru Islam yang jatuh pada tanggal 7 Juli mendapat sambutan dari masyarakat, berbagai kegiatan dilakukan.


    Sehingga, pada Sabtu Sampai Dengan Hari Minggu  (6/7/2024) pukul 17.00 WIB hingga dini hari, Polres Kediri menggelar pengamanan ziarah Malam 1 Suro 2024/1958 Je atau 1 Muharram 1446 H di wilayah Desa Menang, Kecamatan Pagu, Kabupaten Kediri.


    Kegiatan berlangsung dengan penuh khidmat dan dihadiri oleh ribuan pengunjung.


    Kapolres Kediri AKBP Bimo Ariyanto S.H., S.I.K. melalui Kasihumas Polres Kediri AKP Sriati menjelaskan serangkaian kegiatan yang dilakukan selama peringatan malam 1 Suro ini.


    “Dimulai dengan kenduri dan do’a bersama di Pendopo Petilasan Sri Aji Joyoboyo, yang kemudian dilanjutkan dengan pagelaran wayang kulit di balai Desa Menang,” ujar AKP Sriati.


    Tidak hanya itu, para pengunjung juga dipersilahkan untuk berpartisipasi dalam ritual mandi di Sendang Tirto Kamandanu dan sungkem di Petilasan Sri Aji Joyoboyo.


    Kegiatan Tahunan ini menarik banyak perhatian, baik dari warga sekitar maupun dari luar desa Menang dan Kabupaten Kediri, yang datang untuk sekedar melihat ataupun mengikuti ritual.


    Dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban terkait naiknya mobilitas masyarakat, Polres Kediri bekerja sama dengan personel TNI, Satpol PP dan Linmas.


    “Anggota Satlantas bertugas melakukan pengaturan Bukak Tutup Jalan Raya  lalu lintas, sementara anggota Satsabhara melakukan pengamanan di lokasi kegiatan,” tutur AKP Sriati menambahkan.


    Hingga pukul 01.00 WIB (Minggu 7/7/2024) dini hari, dilakukan sterilisasi atau penutupan bagi pengunjung guna mempersiapkan tempat untuk kegiatan kirab  ritual upacara 1 Suro,Minggu Pagi Tepat Jam 9.00.wib .Yang Diberangkatkan Dari Balai Desa Menuju Pamuksan Sri Aji Joyoboyo Hingga Sendang Tirto Kamandanu Bejarak Sekitar 700 M.Tetap Aman.


    Berdasarkan situasi di lapangan, tidak ditemukan adanya potensi gangguan Keamanan yang mengancam Para Pengujung Yang Datang Serta Menyaksikan Acara Ini.


    “Ini semua berkat kerja sama yang baik antara TNI-Polri, Satpol PP, dan Linmas dalam menjaga kamtibmas dan para pengunjung,” pungkas AKP Sriati.


    (Reporter :Cak Panggah.)

    Komentar
    Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
    • Polres Kediri Terjunkan Personel Pengamanan Malam Dan Kirap 1 Suro di Petilasan Sri Aji Joyoboyo

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Terkini

    Topik Populer