Refleksi Dua Dekade: TDMRC Laksanakan FGD Kajian 20 Tahun Tsunami di Aceh Barat
  • Jelajahi

    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kode IT


    terkini

    Refleksi Dua Dekade: TDMRC Laksanakan FGD Kajian 20 Tahun Tsunami di Aceh Barat

    Dimas ( Redaksi )
    24 Juli 2024, 7/24/2024 10:35:00 AM WIB Last Updated 2024-07-24T03:35:16Z

     



    Meulaboh_Harian-RI.com

    Dalam rangka menyambut peringatan 20 tahun tsunami yang melanda Aceh pada tahun 2004 silam, TDMRC (Tsunami and Disaster Mitigation Research Center) bekerjasama dengan Bappeda Aceh Barat, BPBD Aceh Barat dan Universitas Teuku Umar menggelar Focus Group Discussion (FGD) terkait “Kajian 20 Tahun Tsunami Aceh di Aceh Barat”. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Iskandar Muda Universitas Teuku Umar dan dihadiri oleh berbagai pemangku kepentingan, termasuk akademisi, praktisi dan masyarakat umum. FGD yang dibuka langsung oleh rektor UTU Prof. Dr. Ishak, M.Si, ini dilaksanakan pada tanggal 16 Juli 2024 dan mengambil tema pemulihan pasca tsunami dan strategi di masa depan dalam menghadapi bencana.


    Kegiatan yang dihadiri lebih dari 40 peserta ini dimulai dengan sambutan ketua panitia oleh Aulia Khalqillah, S.Si, M.Si, diikuti dengan kata sambutan sekaligus pembukaan oleh Rektor Universitas Teuku Umar (UTU), Prof. Dr. Ishak, M.Si., kemudian dilanjutkan dengan pemaparan oleh Kalak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Barat terkait peluang dan tantangan dalam penanggulangan bencana di Kabupaten Aceh Barat yang disampaikan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Barat.


    Selama sesi diskusi, peserta dibagi menjadi beberapa kelompok kecil untuk membahas aspek-aspek spesifik seperti Infrastruktur, Kesiapsiagaan, Livelihood, dan Psikososial. Setiap kelompok dipandu oleh fasilitator dari TDMRC, kelompok Infrastruktur dipandu oleh Aulia Khalqillah, S.Si, M.Si dan Daffa Alfarizi, ST., MT, Kesiapsiagaan dipandu oleh Ismiatul Ramadhian Nur, ST., M.Si  dan Muhammad Arifin, S.Kom., M.Si , Livelihood oleh Cut Aprilia, S.E., M. Interbuss dan Sophia Imari, S.E., M.M, serta Psikososial oleh Siti Ghaisani Masturah, S.Psi., MKM dan Nada Nafira Almanzani, S.IP., S.Pd. Partisipasi aktif dari seluruh peserta menghasilkan berbagai ide dan rekomendasi yang konstruktif. Selain melaksanakan FGD para peniliti ini juga mengunjungi gampong gampong terdampak tsunami 20 tahun silam, seperti Gampong Pasir dan Gampong Suak Indrapuri untuk menggali informasi terkait kondisi gampong tersebut setalah 20 tahun pasca tsunami.


    Kegiatan yang merupakan rangkaian dari peringatan 20 tahun tsunami yang dilaksanakan TDMRC ini, menghasilkan berbagai informasi menarik karena peserta yang hadir merupakan perwakilan instansi yang relevan dan cukup memahami proses pemulihan dan kondisi Aceh Bara pasca 20 tahun tsunami. Seperti aspek Infrastruktur yang membahas upaya rekonstruksi dan rehabilitasi infrastruktur yang rusak akibat tsunami. Berbagai proyek pembangunan yang telah dilakukan selama dua dekade terakhir dievaluasi, dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas infrastruktur dan mengurangi kerentanan terhadap bencana di masa depan. Dinas PUPR, konsultan pembangunan dari berbagai perusahaan sampai kepada geuchik setempat menjadi narasumber dalam penggalian informasi terkait infrastruktur.  Demikian pula untuk aspek aspek lainnya, perwakilan instansi dinas pendidikan, dinas kesehatan, pemberdayaan perempuan, keuangan daerah, dosen, masyarakat umum menjadi narasumber untuk menggali fakta fakta terkait psikososial, livelihood dan kesiapsiagaan. 


    Dalam wawancara terpisah Prof.Syamsidik selaku direktur TDMRC USK menyampaikan, “FGD ini diharapkan dapat memberikan wawasan dan rekomendasi kebijakan untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan pemulihan masyarakat dari bencana menjadi lebih cepat, terutama untuk pembelajaran bangkit dari bencana besar seperti yang terjadi 20 tahun silam. Kerjasama antara lembaga penelitian, pemerintah daerah, dan universitas diharapkan dapat menghasilkan solusi inovatif dan berkelanjutan dalam mengurangi risiko bencana di masa depan. Selain itu kami menyampaikan juga terimakasih kepada UTU, BPBD Aceh Barat dan Bappeda Aceh Barat atas kerjasama dan bantuan yang diberikan untuk mensukseskan kajian ini.”


    Saat ini TDMRC sedang mempersiapkan peringatan 20 tahun tsunami Aceh, seluruh rangkaian kegiatan dapat diakses di https://tdmrc.usk.ac.id/20th-years-aceh-tsunami/.

    Komentar
    Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
    • Refleksi Dua Dekade: TDMRC Laksanakan FGD Kajian 20 Tahun Tsunami di Aceh Barat

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Terkini

    Topik Populer