Selamat Hari Bhayangkara Ke-78: Dukung Transformasi Ekonomi yang Berkelanjutan
  • Jelajahi

    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kode IT


    terkini

    Selamat Hari Bhayangkara Ke-78: Dukung Transformasi Ekonomi yang Berkelanjutan

    Dimas ( Redaksi )
    1 Juli 2024, 7/01/2024 12:22:00 PM WIB Last Updated 2024-07-01T05:22:35Z

      



    Batam_Harian-RI.com

    Wali Kota Batam sekaligus Kepala Badan Pengusahaan Batam H Muhammad Rudi (HMR), bersama Wakil Gubernur Kepulauan Riau Hj Marlin Agustina, mengucapkan selamat Hari Bhayangkara 2024.


    Pada 2024, Hari Bhayangkara Ke-78 ini mengusung tema, "Polri Presisi Mendukung Percepatan Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan Menuju Indonesia Emas."


    Dilansir dari detik .com, sejarah Hari Bhayangkara berawal dari patih Gajah Mada yang membentuk pasukan pengamanan bernama Bhayangkara. Tugas Bhayangkara adalah untuk melindungi raja dan kerajaan.


    Pada masa kolonial, Pemerintahan Belanda membentuk pasukan keamanan atau kepolisian yang lebih modern. Pasukan ini terdiri dari orang-orang pribumi yang dipilih dengan selektif.


    Setelah itu, Kepolisian modern Hindia Belanda dibentuk pada tahun 1897-1920. Dibentuknya Kepolisian di Hindia Belanda ini merupakan awal dari lahirnya Kepolisian Negara Republik Indonesia selepas kemerdekaan Indonesia.


    Setelah beralih ke pemerintahan Jepang, korps kepolisian juga dibentuk. Pada masa pendudukan Jepang, kepolisian Indonesia dibagi menjadi beberapa wilayah.


    Kepolisian Jawa dan Madura berpusat di Jakarta, Kepolisian Sumatera berpusat di Bukittinggi, Kepolisian Indonesia Timur berpusat di Makassar, dan Kepolisian Kalimantan berpusat di Banjarmasin.


    Pada 19 Agustus 1945, Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia mendirikan badan Kepolisian Negara. Para pegawai pribumi Indonesia yang bekerja di pemerintahan Jepang juga ikut berkumpul untuk membentuk kepolisian oleh PPKI.


    Kemudian pada tanggal 29 September 1945, R.S Soekanto Tjokrodiatmodjo kemudian ditunjuk sebagai Kepala Kepolisian Negara (KKN) oleh Presiden Soekarno. Pada awalnya, kepolisian dikenal sebagai Djawatan Kepolisian Negara dan berada di bawah Kementerian Dalam Negeri, akan tetapi pertanggungjawaban operasional dilakukan kepada Jaksa Agung.


    Pada tanggal 1 Juli 1946, Penetapan Pemerintah tahun 1946 No. 11/S.D. Djawatan Kepolisian Negara bertanggung jawab langsung kepada Perdana Menteri. Hingga saat ini, setiap tanggal 1 Juli diperingati sebagai Hari Bhayangkara. (Nursalim Turatea)

    Komentar
    Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
    • Selamat Hari Bhayangkara Ke-78: Dukung Transformasi Ekonomi yang Berkelanjutan

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Terkini

    Topik Populer