5 Perkara yang Semakin Dicintai dan 5 Perkara yang akan Dilupakan Manusia di Akhir Zaman
  • Jelajahi

    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kode IT


    terkini

    5 Perkara yang Semakin Dicintai dan 5 Perkara yang akan Dilupakan Manusia di Akhir Zaman

    Dimas ( Redaksi )
    2 Agustus 2024, 8/02/2024 06:27:00 PM WIB Last Updated 2024-08-02T11:27:36Z


    Oleh : Nursalim Turatea, M. Pd

    1. Mahasiswa S3 Pascasarjana UHAMKA Jakarta. 

    2. Ketua Ikatan Wartawan Online Indonesia Provinsi  Kepri


    Bertempat di mesjid As Shoffat Perumahan Botania Garden kecamatan Batam Kota yang dipenuhi oleh ratusan jamaah yang sebagian besar jamaahnya berasal dari perumahan tersebut. 


    Nursalim Turatea anggota muballigh Batam Kota yang juga Ketua Ikatan Wartawan online Indonesia Provinsi Kepulauan Riau pada hari Jumat, 2 Agustus 2025 dalam khotbahnya mengatakan bahwa pada akhir masa, umat manusia akan lebih mencintai kepada lima perkara dan melupakan lima perkara lainnya. Dilansir dari kitab Nashaih al-Ibad yang diterjemahkan Abu Mujaddidul Islam Mafa dan diterbitkan Gitamedia Press, 2008, berikut masing-masing kelima perkara itu: 


    Tanda akhir zaman akan terlihat dari perkara yang disukai dan dilupakan. Tanda akhir zaman akan terlihat dari perkara yang disukai dan dilupakan

       

    Pada akhir masa, umat manusia akan lebih mencintai kepada lima perkara dan melupakan lima perkara lainnya. Dilansir dari kitab Nashaih al-Ibad yang diterjemahkan Abu Mujaddidul Islam Mafa dan diterbitkan Gitamedia Press, 2008, berikut masing-masing kelima perkara . 


    Pertama, mencintai dunia dan melupakan kehidupan akhirat. Kedua, mencintai hidup dan melupakan mati. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW yang diriwayatkan Imam Thabrani dari Aisyah radhiyallahu anha sebagai berikut.


    "Siapapun yang membaca Allaahumma baarik lii fi mauti wafimaa ba'dal maut (Wahai Tuhanku, berkatilah saya dalam kematian dan sesudahnya), setiap hari sebanyak dua puluh lima kali, kemudian ia mati di atas tempat tidurnya, maka Allah akan memberikan kepadanya pahala orang mati syahid."


    Ketiga, mencintai gedung-gedung yang mewah, yakni rumah-rumah yang direnovasi sedemikian rupa dan melupakan alam kubur dengan berbagai penderitaannya.


    Keempat, lebih mencintai kepada harta benda dan melupakan hisab (pertanggung jawabannya). Sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan ad-Dailami yang artinya  "Zuhud adalah kamu mencintai apa-apa yang dicintai oleh Penciptamu (Allah) dan kamu benci terhadap apa-apa yang dibenci Penciptamu (Allah). Kamu keluar dari dunia yang halal seperti kamu keluar dari dunia yang haram, karena halalnya menjadi hisab, dan yang haramnya menjadi siksaan. Kamu harus menyayangi orang-orang Muslim, seperti kamu menyayangi dirimu sendiri. Kamu harus mencegah dari perkataan yang tidak bermanfaat bagimu, seperti kamu mencegah dari perkara yang haram. Kamu harus mencegah dari makan yang banyak, seperti kamu mencegah dari harta duniawi dan hiasannya, seperti kamu mencegah dari api. Kamu harus memendekkan angan-anganmu tentang dunia, maka inilah zuhud di dunia."


    Kelima, mencintai makhluk dan melupakan Sang Khaliq (Pencipta/ Allah SWT). Jika seseorang sudah berangan-angan, maka ia akan melupakan mati, kesusahan-kesusahan di akhirat, cinta kepada dunia dan bergaul dengan makhluk, hatinya menjadi keras, sehingga meninggalkan kewajiban, bermalas-malasan untuk mencari bekal di akhirat dan mengulur-ulur pertobatan.


    Rasulullah SAW pernah melewati suatu majlis yang di dalamnya terdengar suara terbahak-bahak, maka beliau bersabda seperti ini.


    "Kamu harus mencampurkan majlis-majlismu dengan perkara yang mengeruhkan kelezatan-kelezatan." Mereka bertanya, "Apakah yang mengeruhkan kelezatan-kelezatan itu?" Beliau bersabda, "Maut."  (Redaksi).

    Komentar
    Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
    • 5 Perkara yang Semakin Dicintai dan 5 Perkara yang akan Dilupakan Manusia di Akhir Zaman

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Terkini

    Topik Populer