UPTD SMPN 19 Mengikuti Lomba Sekolah Sehat Usaha Kesehatan Sekolah ( LSS-UKS) Tingkat Provinsi Mewakili Kabupaten Pesawaran
  • Jelajahi

    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kode IT


    terkini

    UPTD SMPN 19 Mengikuti Lomba Sekolah Sehat Usaha Kesehatan Sekolah ( LSS-UKS) Tingkat Provinsi Mewakili Kabupaten Pesawaran

    Dimas ( Redaksi )
    8 Agustus 2024, 8/08/2024 12:24:00 AM WIB Last Updated 2024-08-07T17:24:38Z

     



    Pesawaran_Harian-RI.com

    Sebanyak empat sekolah di Kabupaten Pesawaran mengikuti penilaian Lomba Sekolah Sehat Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (LSS-UKS M) tingkat Provinsi Lampung. Kegiatan ini dilaksanakan di UPTD SMPN 19 Pesawaran pada Rabu, (7/8/2024).


    Adapun sekolah-sekolah yang mewakili Kabupaten Pesawaran dalam lomba ini adalah Raudhatul Athfal Diniyah Putri Lampung, Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Pesawaran, UPTD SMPN 19 Pesawaran, dan SMKN 1 Gedong Tataan. 


    Lomba Sekolah Sehat sendiri merupakan salah satu sasaran pembinaan, pengembangan dan evaluasi pencapaian Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) baik negeri maupun swasta yang diselenggarakan setiap tahun. 


    Ketua TP PKK Kabupaten Pesawaran  Nanda Indira, melalui Wakil Ketua Nurhayati Marzuki mengatakan, lomba usaha kesehatan sekolah bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan dan prestasi. Upaya ini dilakukan melalui peningkatan perilaku hidup bersih serta menciptakan lingkungan yang sehat untuk peserta didik.


    Proses penilaian terhadap sekolah sehat dilakukan langsunh oleh tim penilai Lomba Sekolah Sehat Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (LSS-UKS M) Provinsi Lampung.


    Kepada tim penilai lomba, Nurhayati berharap agar sekolah yang diunggulkan untuk mewakili Kabupaten Pesawaran merupakan sekolah terbaik dari sisi penilaian. Sehingga diharapkan dapat mengarumkan nama Kabupaten Pesawaran menjadi Juara I Tingkat Provinsi.


    Pihaknya juga berharap agar proses penilaian ini bisa menjadi momentum evaluasi yang berkelanjutan dalam proses pembelajaran usaha kesehatan sekolah yang dimulai dari peserta didik.


    "Saya juga menyambut baik serta mengapresiasi kepada segenap panitia atas terselenggaranya kegiatan pada hari ini. Semoga kegiatan ini dapat menumbuhkan rangsangan bagi anak sekolah dan masyarakat agar membiasakan diri untuk menjadi hidup sehat," ujarnya.


    Dengan disempurnakannya pedoman pelaksanaan UKS/M di sekolah oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Nurhayati juga meminta para Kepala Sekolah dan guru sebagai Tim Pelaksana UKS/M dapat lebih mengimplementasikan program UKS/M dengan baik. 


    "Sehingga membantu pencapaian tujuan akhir dari UKS/M yaitu meningkatkan prestasi belajar peserta didik melalui peningkatan kesehatan peserta didik," kata Nurhayati.


    Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pesawaran, Ancha Martha Utama mengatakan, keikutsertaan Kabupaten Pesawaran dalam Lomba Sekolah Sehat menjadi satu upaya pembinaan guna mengevaluasi tingkat keberhasilan program usaha kesehatan sekolah di satuan pendidikan Kabupaten Pesawaran.


    Penilaian Lomba sekolah sehat ini juga diharapkan mampu meningkatkan  prestasi belajar peserta didik melalui peningkatan derajat kesehatan dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat.


    "Ini sebagai salah satu implementasi usaha kesehatan sekolah yang nantinya akan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari oleh peserta didik," kata Kadisdikbud.


    Pewarta : Antomi

    Komentar
    Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
    • UPTD SMPN 19 Mengikuti Lomba Sekolah Sehat Usaha Kesehatan Sekolah ( LSS-UKS) Tingkat Provinsi Mewakili Kabupaten Pesawaran

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Terkini

    Topik Populer