Info Bagi Penerima Dana Program Indonesia Pintar atau PIP SD-SMA, Diprioritaskan untuk 9 Kategori Ini, Cek Nominal Terbarunya
  • Jelajahi

    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kode IT


    terkini

    Info Bagi Penerima Dana Program Indonesia Pintar atau PIP SD-SMA, Diprioritaskan untuk 9 Kategori Ini, Cek Nominal Terbarunya

    Dimas ( Redaksi )
    25 Oktober 2024, 10/25/2024 07:15:00 PM WIB Last Updated 2024-10-25T12:15:34Z

     



    harian-ri.com_Harian-RI.com

    Program Indonesia Pintar atau PIP adalah bantuan berupa uang tunai, perluasan akses, dan kesempatan belajar dari pemerintah yang diberikan kepada peserta didik usia 6-21 tahun yang berasal dari keluarga miskin.


    Saat ini, penyaluran PIP telah memasuki tahap ketiga mulai Oktober hingga Desember 2024.


    Melansir dari detik.com, Kamis (25/10/2024), berikut nominal dan cara mengajukan PIP 2024


    Nominal Bantuan PIP 2024

    Dilansir dari halaman https://puslapdik.kemdikbud.go.id/, besaran bantuan dana PIP bereda-beda setiap jenjang pendidikan. Berikut besaran bantuan yang diterima peserta PIP Dikdasmen.


    SD/SDLB/Program Paket A

    Rp 225.000 khusus siswa baru dan siswa kelas akhir

    Rp 450.000/tahun

    SMP/SMPLB/Program Paket B

    Rp 375.000 untuk siswa baru dan siswa kelas akhir

    Rp 750.000/tahun

    SMA/SMALB/Program Paket C/SMK

    Rp 500.000 untuk siswa baru dan siswa kelas akhir

    Rp 1.000.000/tahun


    Syarat Penerima PIP

    Masih dilansir dari sumber yang sama, ada dua persyaratan yang harus dipenuhi penerima PIP, yakni terdaftar pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial, dan ditandai Layak PIP dalam Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Sekolah.


    Sekolah menandai status Layak Mendapatkan PIP di Dapodik, kemudian Dinas Pendidikan dan pemangku kepentingan mengusulkan kepada pusat layanan pembiayaan pendidikan berdasarkan data Layak PIP tersebut. Berikut rincian kategori penerima PIP.


    Peserta didik pemegang KIP.

    Peserta didik dari keluarga miskin/rentan miskin dan/atau dengan pertimbangan khusus seperti:

    Peserta didik dari keluarga peserta Program Keluarga Harapan (PKH).

    Peserta didik dari keluarga pemegang Kartu Keluarga Sejahtera.

    Peserta didik yang berstatus yatimpiatu/yatim/piatu dari sekolah/panti sosial/panti asuhan.

    Peserta didik yang terkena dampak bencana alam.

    Peserta didik yang tidak bersekolah (drop out) yang diharapkan kembali bersekolah.

    Peserta didik yang mengalami kelainan fisik, korban musibah, dari orang tua yang mengalami pemutusan hubungan kerja, di daerah konflik, dari keluarga terpidana, berada di lembaga pemasyarakatan, memiliki lebih dar tiga saudara yang tinggal serumah.

    Peserta pada lembaga kursus atau satuan pendidikan nonformal lainnya.


    Cara Pencairan Dana PIP Kemdikbud 2024


    Para siswa perlu memahami tiga aturan yang harus diikuti untuk mendapatkan bantuan dana PIP Kemdikbud. Berikut cara mencairkan dana PIP Kemdikbud 2024.


    1. Pencairan Langsung Melalui Kartu ATM

    Siswa yang telah memiliki Kartu ATM dari rekening SimPel (Simpanan Pelajar) karena terdaftar sebagai penerima bantuan pada tahun sebelumnya, dapat langsung menerima bantuan melalui kartu ATM. Dana bantuan PIP 2024 langsung cair ke rekening.


    2. Pencairan Melalui Sekolah

    Siswa yang diajukan sekolah dan tidak memiliki KIP harus mencairkan bantuan melalui sekolah terlebih dahulu. Perlu diingat, peserta didik harus melakukan aktivasi rekening melalui bank penyalur yang ditunjuk


    Bank Penyalur yang telah ditunjuk adalah Bank BRI untuk siswa SD dan SMP, Bank BNI untuk siswa SMA, serta Bank BSI untuk siswa SD hingga SMA di wilayah Aceh. Untuk mengaktifkan rekening, siswa perlu membawa surat keterangan dari sekolah sebagai penerima bantuan PIP Kemdikbud, dengan KTP orang tua, KK, dan halaman depan rapor siswa.


    9 Kategori Akses Pendidikan bantuan pendidikan Bantuan Sosial Cek Nominal Terbaru Cek Status Dana Program Indonesia Pintar Dinas Pendidikan Diprioritaskan Dukungan Pendidikan Info Penerima Kebijakan Pendidikan Kelayakan Penerima Keluarga Tidak Mampu Kementerian Pendidikan Kesejahteraan Siswa Manfaat PIP Pembayaran Dana Pendidikan Dasar Pendidikan Menengah Penggunaan Dana Penyaluran Dana PIP 2024 PIP SD-SMA Prioritas Penerima program pemerintah Program Subsidi Proses Pendaftaran Siswa Berprestasi Syarat Penerimaan Verifikas.


    Jimi P. H (Tim)

    Komentar
    Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
    • Info Bagi Penerima Dana Program Indonesia Pintar atau PIP SD-SMA, Diprioritaskan untuk 9 Kategori Ini, Cek Nominal Terbarunya

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Terkini

    Topik Populer