P3PD Sukses Laksanakan Pelatihan bagi Aparatur dan Pengurus Kelembagaan Desa di Aceh
  • Jelajahi

    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kode IT


    terkini

    P3PD Sukses Laksanakan Pelatihan bagi Aparatur dan Pengurus Kelembagaan Desa di Aceh

    Dimas ( Redaksi )
    14 Oktober 2024, 10/14/2024 06:53:00 PM WIB Last Updated 2024-10-14T11:53:37Z







    Aceh_Harian-RI.com

    Kementerian Dalam Negeri Melalui Direktorat Bina Pemdes Bekerjasama dengan DPMG Aceh, Sukses Melaksanakan Penguatan Kapasitas Aparatus Desa angkatan pertama melalui Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD).


    Koorprov RMC Aceh Mahyaruddin, SE , merincikan target yang akan di latih di Provinsi Aceh. 


    "Untuk tahun 2024 P3PD Aceh menargetkan 17,748 Peserta yang akan dilatih di Provinsi Aceh yang fokus di 19 Kabupaten/Kota," ungkap Mahyaruddin, SE (Koorprov RMC Aceh) yang di dampingi Oleh TA. Behavior Change Rahmat Fadhillah, SP. M.Si di hotel Grand Nanggroe.


    Kegiatan Pelatihan Angkatan Pertama yang dilaksanakan serentak di 32 Provinsi di Indonesia Pada tanggal 21 s/d 24 Agustus 2024 terlaksana dengan baik,  untuk Provinsi Aceh Angkatan Pertama  ini terdiri dari 4 Kabupaten yaitu Kab. Pidie, Kab. Aceh Besar dan Kab, Aceh Jaya.



    Peserta yang di undang terdiri dari Unsur Tuha Peut, Keuchik Gampong, Sekdes dan Ketua TP PKK.


    Hasil monitoring dan evaluasi  pelaksanaan tingkat kehadiran peserta mencapai 98 persen, Kehadiran narasumber 100 persen yang hadir, kehadiran pelatih dari unsur DPMG/ OPD Terkait Kab/Kota mencapai 100 persen melalui Pelatihan P3PD ini bertujuan untuk memperkuat kapasitas kelembagaan pemerintahan desa dalam meningkatkan kualitas belanja desa di lokasi program, yaitu:


     1. Perbaikan kinerja pemerintah dan aparat desa melalui penguatan sistem peningkatan kapasitas yang berbasis permintaan dan kebutuhan;



     2. Penguatan sistem pendampingan dan pengembangan kapasitas untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan desa; dan 


    3. Penguatan sistem informasi dan data desa berbasis teknologi untuk memperbaiki koordinasi, supervisi monitoring dan evaluasi kinerja desa serta mendorong pemakaian data dalam perencanaan dan penganggaran di tingkat desa. 


    Pada akhirnya, P3PD berkontribusi terhadap peningkatan kualitas belanja desa dan perbaikan layanan dasar (Improvement of Village Service Delivery) kepada masyarakat desa.



    Kegiatan Angkatan Pertama ini resmi di tutup oleh T. Zul Husni S.Sos M.Si Kabid Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat dan Gampong di Hotel Grand Nanggroe Banda Aceh, Sabtu (24/8/2024).

    Komentar
    Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
    • P3PD Sukses Laksanakan Pelatihan bagi Aparatur dan Pengurus Kelembagaan Desa di Aceh

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Terkini

    Topik Populer