SMKN 1 Gadingrejo Gelar Kegiatan P5 Bertema "Suara Demokrasi"
  • Jelajahi

    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kode IT


    terkini

    SMKN 1 Gadingrejo Gelar Kegiatan P5 Bertema "Suara Demokrasi"

    Dimas ( Redaksi )
    22 Oktober 2024, 10/22/2024 01:25:00 PM WIB Last Updated 2024-10-22T06:25:00Z

     



    Pringsewu, Lampung_Harian-RI.com

    SMK Negeri 1 Gadingrejo, Kabupaten Pringsewu Provinsi Lampung, mengadakan kegiatan P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) dengan tema "Suara Demokrasi". Acara ini dihadiri oleh narasumber Bapak Sulaiman, S.Pd., M.Pd., anggota KPU Kabupaten Pringsewu, dan berlangsung dari pukul 09.00 hingga 12.00 WIB. Selasa, 22 Oktober 2024.


    Kegiatan ini merupakan bagian dari aktualisasi kurikulum merdeka yang bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam tentang hak dan tanggung jawab dalam berdemokrasi, meskipun peserta didik belum memiliki hak memilih. 


    Dalam sambutannya, Kepala SMK Negeri 1 Gadingrejo, H. Kemis, S.Pd.,M.M menyampaikan pentingnya kegiatan ini. Ia berharap agar para siswa dapat memahami pentingnya hak pilih dan tidak golput saat pemilihan.


    "Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan kepada siswa tentang demokrasi di Indonesia. Meskipun mereka belum berusia 17 tahun, saya mengajak mereka untuk membantu orang tua dan tetangga mengingatkan akan pemilihan bupati dan gubernur yang akan datang. 


    Tidak hanya itu, H. Kemis juga mengingatkan agar siswa berperan aktif dalam mengedukasi keluarga dan teman tentang visi dan misi calon kepala daerah," ungkapnya.


    Dalam sesi pemaparan, Sulaiman S.Pd., M.Pd. menjelaskan mengenai tugas KPU dalam menyelenggarakan pemilihan umum di berbagai tingkat, mulai dari pemilihan presiden hingga bupati. Ia juga menginformasikan bahwa bagi warga yang berusia 17 tahun ke atas, mereka memiliki hak pilih yang dapat diperiksa melalui website resmi KPU di cekdptonline.kpu.go.id.


    Sulaiman menekankan pentingnya peran peserta didik yang belum memiliki hak pilih untuk tetap terlibat dalam proses demokrasi. Ia meminta kepada siswa untuk mengingatkan keluarga dan tetangga agar tidak terpengaruh oleh praktik-praktik yang tidak etis dalam pemilu, seperti suap. 


    "Mari kita semua berusaha menciptakan situasi yang aman dan kondusif, serta memahami visi dan misi calon pemimpin kita," pintanya.


    Kegiatan P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) bertema "Suara Demokrasi" ini diharapkan dapat mendorong kesadaran demokrasi di kalangan siswa dan membangun generasi muda yang peduli serta aktif dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Selaras dengan akan di adakannya pemilihan Ketua dan wakil ketua OSIS di SMKN 1 Gadingrejo pada tanggal 25 Oktober 2024.


    Dengan demikian, SMK Negeri 1 Gadingrejo berkomitmen untuk terus mengedukasi siswa tentang pentingnya partisipasi dalam proses demokrasi, meskipun mereka belum memiliki hak suara,"imbuhnya.


    Pewarta : Roli.y

    Komentar
    Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
    • SMKN 1 Gadingrejo Gelar Kegiatan P5 Bertema "Suara Demokrasi"

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Terkini

    Topik Populer